Ide untuk usaha kecil saja belumlah cukup. Anda harus memiliki ide yang bisa
dijalankan. Dengan kata lain, Anda harus menambahkan sesuatu kedalam komunitas
usaha kecil yang bisa dikerjakan. Untuk memahaminya, mari kita lihat dua contoh
klasik ide bisnis. Yang satu adalah contoh yang baik sedang yang lain tidak
meninggalkan jejak.
Adakah yang masih ingat mobil Edsel? Mobil ini tidak pernah menjadi
pemenang. Nyatanya, dianggap sebagai "produk yang paling tidak
memuaskan" dalam sejarah manufaktur mobil. Bahkan ditahap perencanaan,
para penasehat sudah menyatakan ini bukanlah mobil yang menghasilkan bisnis
yang besar dan menguntungkan. Secara umum, ada banyak kekurangan dalam desain
mobil ini. Mobil yang besar, boros bensin di saat ekonomi yang sulit. Nama
"Edsel" yang diberikanpun tidak mampu mendongkrak. Produk ini
terseok-seok di pasar dan penjualannya buruk. Bukan merupakan produk yang bisa
bertahan di pasar. Pada akhirnya, kerugian yang dihasilkan $400,000,000.
Sekarang, lihat contoh Federal Express yang merupakan salah satu contoh ide
usaha kecil terbesar dalam sejarah. Tidak diragukan lagi, bukan hanya konsep
saja yang jelas, tapi adanya permintaan yang besar terhadap konsep tersebut.
Kantor Pos Negara tidak menyediakan pengiriman kilat. Semula konsep dianggap
absurd dan tidak visible. Kemudian muncul Federal Express di tahun 1972.
Perusahaan tidak hanya mengirimkan sesuai janji "Pasti tiba dalam
sehari" bisa berlangsung dengan efektif dan murah. Sekali lagi ini adalah
salah satu ide usaha kecil yang terbesar sepanjang masa. Terbukti, tidak menjadi
usaha kecil dalam waktu yang lama. Dengan cepat FedEx tumbuh menjadi perusahaan
jutaan dollar! Catatan yang paling menonjol ketika membandingkan kedua cerita
perusahaan ini adalah perbedaan finansial mereka. Edsell gagal di pasar
meskipun sudah disokong jutaan dollar oleh Ford Motor Company. Seperti yang
sudah dijelaskan, Federal Express berasal dari ide usaha kecil. Diluncurkan
oleh pengusaha kecil bernama Fred Smith. Smith tidak menjalankan Federal
Express ataupun ide usaha kecilnya langsung menjadi perusahaan besar di tahun
1972. Beberapa hal memang mengejutkan, tapi seperti ide usaha kecil pada
umumnya, pada awalnya Smith menjalankan FedEx dari rumahnya. Jadi, mengapa
Smith bisa berhasil dengan sumber yang terbatas sedangkan Ford gagal? Bagaimana
bisa ide usaha kecil Smith bisa mengalahkan kemampuan pemerintah dalam
mengirimkan suerat ? Seperti kebanyakan ide usaha kecil yang baik, Smith
menghasilkan model bisnis yang jelas dan berdasarkan kebutuhan. Dengan kata
lain, ide usaha kecilnya memang masuk akal. Sebagai tambahan, adanya permintaan
pasar yang tinggi atas ide usaha yang ditawarakannya. Dengan dua komponen yang
dimilikinya ini, tidak mengherankan jika ide usaha Smith menuai sukses besar.
Pelajaran yang bisa diambil dari sini adalah ide usaha harus jelas untuk
dikerjakan. Jika tidak, ide usaha kecil tidak bisa bertahan di pasar yang
kompetitif. Namun, jika ide tersebut visible, tidak diragukan lagi akan
mencapai kesuksesan.
Tentu saja, semangat saja tidak bisa langsung memberikan kesuksesan. Perencanaan
yang solid, strategi pemasaran, modal, dan investasi waktu memainkan peran yang
penting agar usaha kecil mencapai kesuksesan. Namun, semua perencanaan,
pemasaran, uang, dan tenaga tidak bisa membuat ide usaha yang tidak visible
bisa berhasil. Ingat hal tersebut baik-baik ketika Anda melakukan brainstorm
ide-ide Anda!
***
Oleh Samantha Lewers
Diterjemahkan oleh: Iin - Tim Pengusahamuslim.com
Diterjemahkan oleh: Iin - Tim Pengusahamuslim.com
Kategori: Entrepreneurship