Selamat Datang Pada Web Dr. Priyono, MM yang merupakan terobosan baru untuk kelanjaran dan keberlangsungan sebuah proses pembelajaran bagi Mahasiswa UNIPA Surabaya…!!!! Priyono is The Best Lecturers: MANAJEMEN UKM

Senin, 20 Februari 2012

MANAJEMEN UKM


By Joko Susilo
Bagaimana lebaran anda? Saya harap lancar-lancar saja. Anda dan keluarga bisa melewatkan lebaran tahun ini dengan senang dan bahagia.
Kini mari sejenak kita belajar dari pengalaman kita saat hari-hari mendekati lebaran beberapa waktu lalu. Biasanya ketika kita berkunjung ke mall atau pusat perbelanjaan, kita akan disuguhi dengan berbagai penawaran dan diskon produk. Para produsen atau supplier seolah berlomba memberikan harga yang paling murah sehingga membuat semua orang tergerak untuk melakukan pembelian. Bagaimanakah mereka memanfaatkan momen-momen tertentu atau kondisi psikologis konsumen untuk menaikkan penjualan? Atau pertanyaan dasarnya bagaimana sebenarnya cara untuk menentukan harga suatu produk? Temukan jawabannya di sini!
Seperti sudah disebutkan dalam SMUO, sebagai pebisnis internet, anda wajib punya produk. Kalau anda sudah buat produk dan telah jadi, kira-kira apa lagi yang bisa memusingkan kepala anda? HARGA. Ya, meski kelihatannya sederhana, pemberian label harga tidak sesederhana yang anda kira. Kalau harga anda terlalu murah, sangat mungkin anda tidak bisa menutup biaya produksi atas produk tersebut. Dan kalau terlalu mahal, siapa orang yang mau beli? Kalau sama dengan harga pasaran, bisa-bisa anda dicap hanya sebagai pengikut.
So, berdirilah di posisi pembeli. Pikirkan kira-kira apa yang ada di kepala mereka? Pelajari kondisi psikologis mereka. Anda tidak bisa memutuskan berapa harga yang akan anda patok tanpa berkompromi dengan calon pelanggan anda.
Kita pasti sering menjumpai dua barang dengan kualitas hampir sama tapi punya harga berbeda. Ada yang lebih mahal dan murah. Ambil saja contoh produk notebook. Merk A bandrol  harganya 5 juta, sedang merk B 4,99 juta. Kira-kira merk mana yang paling banyak diminati pembeli? Kita tahu bahwa manusia biasa bertindak pertama kali berdasar emosi. Baru setelahnya berpikir rasional. Misal, mereka memiliki budget di bawah 5 juta untuk pembelian notebook. So, sudah pasti produk B yang dipilih. Kenapa? Secara psikologis mereka akan mengatakan produk B jauh lebih murah dibanding produk A.
Sebaliknya, jika mereka menaruh bandrol 5,1 juta, bisa dipastikan harga produknya terlihat sangat mahal dibanding kedua harga sebelumnya. Meski sebetulnya harga hanya terpaut sedikit. Memang begitulah sifat manusia. Harga yang sedikit terlihat lebih murah dengan kualitas tak jauh beda adalah tawaran menggiurkan yang tak bakal dilewatkan pembeli begitu saja.
Tapi, harga produk yang murah tidak selamanya menjamin produk anda laris. Oleh karena itu, anda perlu mempraktekkan teori-teori penentuan harga berikut…
- Buat Paket Produk
Anda bisa saja mematok harga lebih mahal untuk produk yang ditawarkan. Tapi alasannya harus logis. Misal, anda menawarkan produk lengkap satu paket. Jadi anda tidak hanya memberikan produk utama, tapi juga produk tambahan yang berhubungan dengan produk utama. Istilahnya berikan bonus-bonus yang bermanfaat. Naikkan harga sedikit lebih mahal dari yang lain, tapi berikan lebih banyak bonus yang menggiurkan. Saya yakin, pengunjung pasti tak menolak untuk membeli.
Misal, di swalayan anda menemukan satu paket shampoo lengkap dengan perawatan anti ketome dan anti rontok berharga 10 ribu. Sementara kalau anda beli produk-produk tersebut secara terpisah, anda akan mendapati harga 15 ribu. Nah, kira-kira mana yang akan anda pilih? Paket produk atau beli terpisah? Saya yakin anda akan beli yang paketan. Meski mungkin kali ini anda belum membutuhkan shampoo perawatan anti rontok atau ketombe. Anda hanya memanjakan emosi anda. ”Kapan lagi dapat harga murah? Mungkin besok paketnya sudah habis. Jadi jangan sampai menyesal.”
Begitu juga yang pembeli anda pikirkan. Membeli produk dalam satu paket akan menimbulkan perasaan “something for nothing.” Artinya, mereka tidak apa-apa mengeluarkan uang lebih karena mereka merasa tidak dirugikan.
- Diskon
Kapanpun anda meluncurkan produk baru, jangan lupa beri tawaran menarik pada pengunjung. Caranya, tawarkan diskon. Misal untuk 100 pembeli pertama, harga dipotong 30%.
Pemberian diskon bisa dilakukan dalam musim atau waktu tertentu. Misal, saat bulan puasa atau hari raya, awal tahun, akhir tahun. Selain itu, harga diskon bisa anda berikan pada pelanggan loyal anda. Contoh, pembeli yang sudah berada dalam daftar kontak, pemegang keanggotaan membership, atau pembeli yang dibawa oleh para affiliate anda. Jaringan pembeli macam ini akan selalu kembali pada anda selama anda bisa menghargai mereka.
- Berikan harga yang sepadan dengan kualitas
Salah satu syarat berjualan di internet adalah tidak boleh mematok harga tinggi. Anda tidak cuma bersaing dengan produk yang dijual offline, tapi juga bersaing dengan kemalasan orang belanja di internet. Kecuali anda sudah punya brand produk yang bagus, jangan sekali-kali mematok harga tinggi. Cukup pasang harga yang memang sesuai dengan kualitas produk anda. Mata konsumen lebih jeli dari anda. Karena mereka pemegang kekuasaan. Uang ada di tangan mereka. Dan, ingat semboyan pembeli “teliti sebelum membeli.”
Salah satu cara agar pembeli menerima harga yang anda pasang masuk akal, adalah dengan menimbulkan “kesan berharga.” Maksudnya, buat produk anda seeksklusif mungkin. Timbulkan kesan bahwa produk yang anda buat sangat bermutu. Jadi pantas kalau harganya tidak murah. Tapi ingat! Itupun bisa anda lakukan setelah anda punya sejumlah besar pelanggan. Untuk produk yang pertama kali launching, akan sangat susah menimbulkan kesan seperti ini.
- Masukkan biaya-biaya ke harga jual produk
Harga setiap barang pasti sudah termasuk biaya pengiriman dan perawatannya. Atau bahkan kadang biaya packing dan kemasan juga diikutkan dalam harga jual produk. Jadi, kapanpun anda menjual produk yang bersistem kirim secara offline, silakan anda perhitungkan biaya kirim dan kemasannya. Masukkan perhitungannya ke dalam harga jual produk.
Lalu, katakan pada pembeli bahwa ongkos kirim dan biaya paket produk anda gratis! Jadi, pembeli anda tidak perlu menambah biaya lagi. Tawarkan betapa mudah membeli produk anda. Dan ini akan berbeda jika anda mencantumkan biaya kirimnya secara terpisah. Pembeli akan merasa produk anda terlalu mahal. Karena total yang mereka keluarkan bukan cuma untuk produk, tapi biaya perjalanan produk juga.
- Harga elastis
Saat anda menaikkan harga dan permintaan terhadap produk anda jadi menurun, berarti anda memiliki produk dengan sifat harga yang elastis. Sekalipun mungkin anda menaikkan harga hanya 1%. Harga seperti ini biasanya dipengaruhi oleh tingkat kompetisi dan persepsi pembeli.
Sebaik-baiknya produk adalah yang punya harga in-elastis (tidak elastis). Jadi kapanpun anda mau menaikkan harga, pembeli tetap ramai. Produk seperti apa yang bisa seperti ini? Tentunya yang bermanfaat besar bagi pengunjung. Orang yang sedang butuh pasti akan membeli produk anda. Tidak peduli berapapun harganya, yang penting kebutuhan mereka terpenuhi. Sama seperti kebutuhan makanan bagi orang yang lapar.
Maka, anda harus bisa menampilkan keunikan dalam produk anda. Dan, usahakan keunikan ini dipahami oleh pengunjung anda. Sehingga produk anda dianggap sangat bernilai oleh pembeli.
Beberapa hal penting tentang pematokan harga produk sebenarnya bergantung penuh pada kondisi pembeli. Anda harus bisa menangkap ”Apa yang ada di pikiran mereka? Apa pendapat mereka tentang produk anda? Bagaimana kesan mereka atas produk anda?” Cukup pahami apa yang ada di kepala pembeli dan sesuaikan harga dan kualitas produk.
Akhirnya, berapa harga produk anda? Semoga tidak mahal, jadi saya bisa ikut beli!  :-)
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih.

Metode Penentuan Harga Jual

Dalam menentukan biaya dari produk yang dihasilkan, umumnya digunakan metode kalkulasi biaya penuh ( full costing) dan metode kalkulasi biaya variable (  direct costing). Meskipun metode kalkulasi biaya variabel ini belum banyak digunakan seperti metode kalkulasi biaya penuh, tetapi penggunaannya telah berkembang dengan pesat dalam beberpa tahun terakhir ini karena lebih cocok untuk keperluan manajemen, seperti dalam perencanaan laba, pengendalian biaya dan pengambilan keputusan.
  1. Pengertian dari Kalkulasi Biaya variabel
Dalam kalkulasi biaya variabel, produk yang dihaslikan hanya dibebankan dengan biaya-baiaya variabel saja, yaitu biaya-biaya yang secara total berubah-ubah sesuai dengan perubahan volume, terdiri dari bahan langsung, tenaga kerja langsung dan overhead pabrik variabel. Biaya seperti sewa dan asuransi yang berkaitan dengan waktu, bukan dengan produk, tidak diperhitungkan sebagai biaya produk dan dibebankan sebagai biaya-biaya yang diperlukan untuk memelihara fasilitas dalam kondisi siap untuk memproduksi sedangkan biaya produk dimaksudkan sebagai tambahan biaya-biaya yang diperlukan untuk menghasilkan produk utama.
  1. Metode Kalkulasi Biaya Variabel Versus Metode kalkulasi Biaya Penuh.
Dalam metode kalkulasi biaya variabel yang termasuk dalam biaya produk hanya biaya-biaya produksi yang berhubungan erat dengan produk dan berubah-ubah sesuai dengan volume produksi. Dalam metode kalkuasi biaya penuh ( full costing) semua biaya produksi dimasukkan sebagai biaya produk. Perbeadaan yang utama antara ikhtisar rugi-laba yang disusun dengan metode kalkulasi biaya variabel dan metode kalkulasi biaya penuh, adalah :
  1.  
    1. Margin Kontribusi Kotor dan Laba Kotor. Dalam metode kalkulasi biaya variabel  margin kontribusi kotor ( Gross Contribution Margin) adalah perbedaan antara penjualan dan biaya produksi variabel. Laba Kotor ( gross profit) pada metode kaluklasi biaya penuh adalah penjualan dikurangi biaya produksi ( variabel dan tetap).
    2. Margin Kontribusi ( Contribution Margin ). Ini merupakan unsure yang penting dari metode kalkulasi biaya variabel. Diperoleh dari hasil penjualan dikurangi dengan total biaya variabel. Istilah ini tidak dijumpai dalam ikhtisar rugi-laba yang menggunakan metode kalkulai biaya penuh.
    3. Nilai Persediaan. Dalam metode kalkulasi biaya variabel , biaya overhead pabrik tetap. Tidak dimaksukkan dalam niali persediaan dan biaya produk per unit. Dalam metode kalkulai biaya penuh biaya overhead pabrik tetap, termasuk dalam nilai persediaan dan biaya produk per unit.
    4. Laba Bersih Usaha. Perbedaan laba bersih antara kedua metode tersebut adalah disebabkan adanya perbedaan pmbebanan overhead pabrik terhadap persediaan.
3.   Ilustrasi dari Metode Kalkulasi Biaya Penuh dan Metode Kalkulasi Biaya Variabel.
Informasi yang berikut disajikan oleh PT Faulina:
Harga Jual per unit                                                      Rp. 10,-
Biaya Variabel per unit           Rp. 6,-
Biaya tetap per unit                 Rp. 1, 50,- +
Total biaya per unit  Rp. 7,50,-
Persediaan awal                                                                 0
Produksi bulan Januari                                                5.000 unit
Persediaan akhir                                                          2.000 unit
Penjulan selama bulan Januari                         3.000 unit
Biaya penjualan dan adminsitrasi variabel Rp. 250,- dan biaya penjualan non adminstrasi tetap Rp. 1.000,- Berikut ini adalah ikhtisar Rugi-Laba PT. Faulina untuk bulan Januari yang disajikan dengan metode kalkulasi biaya penuh dan metode kalkulasi biaya variabel.
Metode kalkulasi Biaya Penuh
( Full Costing )
Metode Kalkulasi Biaya Variabel
( Variabel Costing)
Penjualan bersih :                     Rp. 30.000,-
Harga Pokok penjualan :
Persediaan awal
Biaya Produksi:
Biaya variabel       Rp. 30.000,-
Biaya tetap            Rp.  7.500,-
Brng yg tersedia utk
Dijual                       Rp. 37.500,-
Persediaan akhir      ( Rp. 15.000 )
Hrg Pokok Penjualan                  Rp. 22.500
Laba kotor                                  Rp. 7.500,-
Bi.Penj & Adm                          Rp. 1.250,-
Laba bersih                        Rp. 6.250
Penjualan bersih :                           Rp. 30.000,-
Harga Pokok penjualan :
Persediaan awal
Biaya Produksi:
Biaya variabel            Rp. 30.000,-
Brg tersedia utk dijual        Rp. 30.000,-
Persd. Akhir                       (Rp. 12.000,-)
Harga Pokok Penjualan     Rp. 18.000,-
Margin Kontribusi ktr        Rp. 12.000,-
Bi Penj & adm                    Rp.     250,-
Mrgin kontribusi                Rp. 11.750,-
Biaya tetap :
Bi.Produksi       Rp. 7.500,-
Bi.Penj & adm  Rp. 1.000,- +
Total biaya tetap                  Rp. 8.500,-
Laba Bersih                          Rp. 3.250,-
Catatan : Perbedaan dalam laba bersih sejumlah Rp. 3.000,- antara kedua metode tersebut diatas disebabkan biaya overhead pabrik tetap yang termasuk dalam nilai persediaan dengan kalkulai biaya penuh ( 2.000 x Rp. 7,50) – ( 2.000 x 6)
  1. Manfaat Metode kalkulais Biaya Variabel
Manfaat yang utama dari pada metode kalkulasi biaya variabel adalah sebagai berikut :
  1.  
    1. Perencanaan Operasi
Dengan metode kalkulasi biaya variabel dapat diperoleh data-data atas biaya variabel dan margin kontribusi yang dapat membantu manajer dari suatu departemen dengan mudah mengambil banyak keputusan mengenai biaya yang akan mempengruhi departemennya.
  1.  
    1. Analisa Break Even.
Titil break even adalam volume penjualan dalam rupiah atau unit yang tidak menghasilkan laba maupun kerugian. Analisa break even digunakan untuk menentukan apakah suatu volume penjualan tertentu berada di atad atau dibawah titik breakeven. Dan juga untuk menghitung titik break even itu sendiri.
Begitu margin kontribusi dan biaya tetap diketahui, titik break even dapat dengan mudah ditentukan. Titik  break even adalah titik dimana margin kontribusi sama dengan biaya tetap. Pada titik ini laba bersih akan menjadi nol.
3.   Manfaat lainnya.
Dengan mengklasifikasikan biaya menjadi unsure variabel dan tetap dapat membantu manajemen dalam meramal biaya penuh pada berbagai tingkat produksi. Banyak hubungan tertentu yang dpat dipelajari seperti hubungan antara biaya dan volume.
Pemakaian metode kalkulasi biaya variabel dapat membantu pengsuaha dalam menentukan harga. Margin kontribusi ( penjualan – biaya variabel ) seharusnya cukup besar untuk menutup biaya tetap ditambah  suatu laba yang diinginkan.
Manfaat yang lain adalah sfektifitas dari laporan kalkulasi biaya variabel  untuk pengendalian manajemen ( management control) . Juga membantu dalam menilai prestasi para manajer sesuai dengan garis organisasi yang ada. Biaya tetap yang mana yang berada dalam pengendalian para manajer dapat dipisahkan agar pararel dengan cara penilaian prestasi.
  1. Kelemahan Metode Kalkulasi Biaya Variabel.
Yang utama adalah masih kurang  diterima untuk tujuan penyusunan laporan ekstern. Laporan ekstern berkaitan erat dengan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum.
Kelemahan yang lain adalah kesulitan dalam membagi secara akurat unsure biaya semi variabel menjadi unsure-unsur variabel dan tetap.