Selamat Datang Pada Web Dr. Priyono, MM yang merupakan terobosan baru untuk kelanjaran dan keberlangsungan sebuah proses pembelajaran bagi Mahasiswa UNIPA Surabaya…!!!! Priyono is The Best Lecturers: Buku Untuk UMKM Indonesia

Senin, 20 Februari 2012

Buku Untuk UMKM Indonesia

Antara Depok & Cikarang
Perjalanan Depok Cikarang hanya ditempuh dalam waktu satu jam. Enak benar perjalanan pagi ini, hari Sabtu yang sejuk. Selesai sarapan aku bergegas menuju Cikarang, kini jadi kota satelit di timur Bekasi. Bahkan menurut DR. Ir. Wahyu Saidi, owner Bakmi LANGGARA, Cikarang justru sudah lebih jauh meninggalkan Bekasi. Pagi Sabtu ini 16 Januari 2010 aku didaulat kakakku m’Din agar ikut workshop menulis. Dia mewantiwanti, bagus, ayo ikut workshop cara mudah menulis. Nanti bisa menulis buku secara cepat, bertemu dengan komunitas penulis, dengan penerbit, dengan pengusaha. Eh ternyata benar. Motivasiku mencuat keras agar bisa menulis, khususnya untuk kemajuan UMKM yang selama ini menjadi profesiku bertahun-tahun.
Workshop Menulis Mudah
Ide workshop menulis cepat digagas oleh Sekolah Menulis Kreatif Indonesia disingkat SMI. SMI sangat bersemangat mencetak penulis andal, melalui workshop, seminar dan kursus intensif. Penulis Indonesia jumlahnya kini dua belas ribuan, jauh lebih kecil dari penulis Malaysia bahkan oleh penulis Vietnam apalagi negara maju lainnya.
Workshop saat ini merupakan angkatan ke 9, berarti sudah banyak alumninya. Peserta workshop berasal dari berbagai kalangan, pegawai, guru, tukang ketupat tahu hingga ibu rumah tangga. Bahkan ada murid sekolah berusia 12 tahun. Motivasi peserta juga beragam. Sebagian besar ingin menjadi penulis yang bermanfaat bagi masyarakat. Manfaatnya terutama untuk aktualisasi diri kita pada lingkungan kehidupan.

“Cara Mudah Menulis Buku”
Pertemuan pertamaku dengan penulis adalah, Bung Dodi Mawardi, yang baru saja merilis buku terbarunya “Cara Mudah Menulis Buku, dengan Metode 12 Pas”. Hebat tuh Bung Dodi, hingga saat ini sudah menulis 27 judul buku baru.Dia berharap akan muncul penulis-penulis baru melalui workshop ini. Terimakasih Bung Dodi. Materi yang Bung sampaikan sangat menarik, “Membongkar Bloking Mental Menulis” ternyata di benak kita terbenam mitos keliru yang negatif sehingga menulis menjadi susah. Bung Dodi juga membahas “Menggali Ide dan Mengembangkannya”. Disini peserta diminta menulis tema ide utama dalam lingkaran sentral, kemudian sub sub tema ditulis secara acak, semacam curah ide ‘brainstorming’. Setelah itu disusun dalam bentuk outline atau kerangka tulisan atau lebih sederhana menjadi daftar isi, mulai dari pendahuluan, bab 1, bab 2 dstnya hingga kesimpulan.
Aku sendiri menulis ide utama tentang ‘UMKM’ lalu dibreakdown menjadi sub tema, jadilah outline. Mudah-mudahan dalam waktu 3 bulan buku tersebut sudah bisa Bapak/Ibu/saudaraku pelaku UMKM Indonesia baca dan nikmati, Insya Allah.
Book on Demand
Pada sesi kedua, kami dikenalkan dengan Bung Hendi Sutono, pengelola digio, digital output center, semacam percetakan tetapi berbasis digital, jadilah dia digital on demand, book on demand. Artinya, dgn teknologi digital, untuk mencetak buku tiada lagi batas minimal, “Sepuluh Bukupun Bisa” kata bung Hendi. Sangat berbeda kalau lewat penerbit (besar) batas minimalnya sangat banyak, bisa 500 unit buku, baru bisa dicetak. Terimakasih bung Hendi. Mudah-mudahan kiprah anda membantu mencetak penulis andal di Indonesia.
Menjadi Single Parent Tangguh
Ba’da isoma, kami dipertemukan dengan penulis buku “Single, Sex and Survival, Triple-S” mbak Rizka Moeslichan, energik, supel dan cantik tentunya. Mbak Rizka adalah alumni wokrshop angkatan ke 5 tepatnya Maret 2009. Hebat ya sudah bisa menulis buku dan menerbitkannya, best seller lagi. Mbak Rizka bercerita, aku sangat termotivasi saat ikut workshop, aku ingin menulis sesuatu yang bermanfaat untuk orang banyak.
Saat itu meluncur banyak ide, lalu mengerucut membahas problem kalangan single parent, lalu jadilah buku ini. Selama ini tema yang dipilih sangat ‘trend’ dan menjadi santapan di banyak infotaiment. Namun dibuku ini tema dikupas tuntas lebih jauh ‘what next’. Hebat nih m’Rizka, dalam proses menulis beliau survei terhadap ratusan para ‘single parent’ yang ada dikota kota besar. Sehingga liku-liku dan seluk beluk tema sangat tuntas dan punya basic data yang kuat.Silahkan baca dan nikmati ulasan buku m’Rizka. Terimakasih ya mbak Rizka Moeslichan. Ditunggu tulisan lainnya.
Doktor Restoran
“Bos Bakmi Langgara menulis buku”, itulah ‘saya’ kata aku Bapak DR. Ir. Wahyu Saidi. Bagi saya menulis buku adalah kebanggaan, bisa menular kan pengalaman sebagai pengusaha dalam bentuk tulisan. “Hingga kini sudah lebih 30 judul buku yang aku tulis”, hebat kan.
Sumber inpirasi tulisan beliau macam-macam. Dari catatan harian, hasil wawancara saya di media kaca dan cetak, bahan ajar saya di program doktor, tulisan di face book bahkan tulisan di webblog internet. Semua menjadi sumber yang sangat berharga, ya jadilah lebih 30 buku. Buku-buku tersebut dibagikan kepada peserta yang bertanya, yang aktif, akupun dapat satu buku “Asyiknya Berbisnis Restoran” panduan untuk sukses. Terimakasih pak DOKTOR Restoran. Sumbangsih anda sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya pelaku UMKM Indonesia dimanapun berada.
Cikal Bakal Buku UMKM
Pada sesi breaking session, akhirnya aku bisa menuliskan tema lengkap dengan otuline dan sinopsis. Temanya “Jurus Membangun UMKM Tangguh Indonesia” Inilah nanti yang akan dilombakan dan dipilih dari para peserta untuk di nilai oleh penerbit buku.
Bermitra dengan Penerbit
Sesi akhir bertemu dengan Bapak NS Budiana dari penerbit Penebar Swadaya/Grup Trubus. Sesi yang sangat menarik, bagaimana bermitra dengan penerbit. Beliau pun seorang penulis andal.  Buku nya banyak dirilis oleh penerbit Penebar Swadaya, grupnya trubus, siapa yang belum kenal trubus. Hampir rata kita mengenalnya.
Akhirnya saat kami nantikan datang juga.  Tema dan aoutline para peserta dinilai oleh penerbit dan penulis senior.  Dari lima puluh tema yang masuk akan dipilih 10 terbaik untuk diterbitkan menjadi buku.
Jurus Membangun UMKM Tangguh Indonesia
Inilah judul yang aku pilih. Mengupas tuntas UMKM Indonesia.  Sebagai tulang punggung ekonomi, pantas mendapat apresiasi dari rakyat dan pemerintah Indonesia.
Tema tersebut menarik minat besarku membantu dan membangkitkan UMKM Indonesia untuk tangguh dan benar-benar menjadi andalan ekonomi Indonesia.
Aku sendiri, termotivasi untuk menulis mengenai hal-hal yang bermanfaat bagi UMKM Indonesia. Setidaknya sudah aku mulai menulis pada weblog UMKM sebagai Konsultan Sektor Riil dan UMKM Indonesia. Blog yang aku rintis sejak tahun 2006 cukup mendapat apresiasi dari banyak pihak khususnya para pelaku UMKM Indonesia. Aku membayangkan, kelak semua hal yang ada di blog UMKM dapat menjadi sebuah buku. Buku mengenai “Konsultasi untuk UMKM Indonesia” yang berisi artikel, panduan, tanya jawab dengan para pelaku UMKM Indonesia.
Alhamdulillah, tema UMKM dan outline ku terpilih dari salah satu dari enam peserta yang dinilai oleh penerbit dan penulis senior, untuk diterbitkan bukunya. Aku diberi tenggat waktu kurang tiga bulan. Aku bisa, Insya Allah. Kupersembahkan untuk kemajuan UMKM Indonesia.