Selamat Datang Pada Web Dr. Priyono, MM yang merupakan terobosan baru untuk kelanjaran dan keberlangsungan sebuah proses pembelajaran bagi Mahasiswa UNIPA Surabaya…!!!! Priyono is The Best Lecturers: Usaha Kecil Tulang Punggung Ekonomi Indonesia

Senin, 20 Februari 2012

Usaha Kecil Tulang Punggung Ekonomi Indonesia

Ingin tahu geliat usaha kecil, coba jalan santai di setiap minggu pagi. Hampir semua kota di Indonesia, muncul pasar kaget yang dipenuhi usaha kecil. Lokasinya beragam, kadang disepanjang jalan, di kampus, di lapangan olah raga, di taman. Sebut saja jalan Juanda dan Jalan Merdeka di kota Depok. Ribuan pedagang menggelar dagangannya di pinggir jalan. Ada yang cuma gelar tikar seadanya atau pasang tenda, lengkap dengan meja kursi. Produk yang dijual, sangat beragam. Berbagai produk tersedia, makanan siap saji, pakaian, perabot rumah tangga, buku, jajanan pasar, tak ketinggalan ikan dan sayur mayur. Usaha kecil bisa kita jumpai hampir di setiap pelosok tanah air, bukan hanya di kota tetapi juga ada di desa. Usaha kecil di minggu pagi selalu ramai dikunjungi masyarakat. Jalan pagi, olah raga ringan sekalian berbelanja. Usaha kecil juga biasa kita jumpai setiap Jumat di sekitar halaman mesjid dan komplek perkantoran. Pedagang memanfaatkan momen sesaat sebelum dan sesudah sholat jum’at. Bahkan banyak yang aktif sejak pagi sebelum masuk jam kantor. Aktifitas usaha ini bisa kita jumpai di kantor departemen dan dinas daerah.
Usaha kecil menjadi bagian kehidupan sehari-hari. Hampir setiap orang kenal dengan usaha kecil.. Dikota-kota besar usaha kecil kita jumpai di berbagai tempat. Usaha kecil mendominasi pasar tradisional, ada pedagang kaki lima, warung, toko. Disepanjang jalan banyak dijumpai warung, ruko, gerobak, asongan. Lokasi usaha kecil juga dijumpai di komplek perkantoran, untuk melayani santap siang karyawan. Di komplek perumahan, warung dan toko memudahkan warga membeli kebutuhan sehari-hari. Di tempat hiburan, apalagi. Semua jenis jajanan, souvenir tersedia untuk pengunjung. Lokasi usaha kecil juga merasuk hingga ke jalan setapak, gang kecil di perkampungan kota besar.
Demikianlah geliat usaha kecil, menyatu dengan derap kehidupan sehari-hari. Bukan hanya di kota-kota, hingga pelosok desa pun demikian. Sangat luar biasa. Capaian usaha kecil di bidang ekonomi mengagumkan. Ternyata mampu menyangga ekonomi Indonesia. Bahkan sering di daulat sebagai tulang punggung ekonomi di Indonesia. Andil usaha mikro dan kecil sudah menjadi bagian dari sejarah ekonomi Indonesia. Prestasi dan capaian usaha mikro membanggakan. Ketangguhan usaha kecil sudah teruji saat krisis. Usaha kecil tetap berkibar dan tetap memeri sumbangsihnya bagi ekonomi Indonesia.
Usaha mikro kecil memang layak sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia. Pencapaian angka-angka ekonomi menyajikan angka fantastis. Andil usaha mikro terhadap ekonomi tergambar pada produk domestik bruto 55,56 persen dari total PDB nasional. Berdasarkan skala usaha, pelaku usaha mikro, kecil dan menengah mencapai jumlah 51,25 unit usaha. Konstribusi usaha mikro 50,69 juta unit, usaha kecil 520 ribu unit, usaha menengah 39,65 ribu unit. Sisanya usaha besar 4.372 unit usaha. Untuk konstribusi penyerapan tenaga kerja UMKM sebesar 90,89 juta orang. Usaha mikro sebanyak 83,75 juta orang, usaha kecil menyerap 3,99 juta pekerja dan usaha menengah 3,25 juta pekerja. Jika ditotal dari dari jumlah pekerja berdasarkan semua skala, usaha kecil menyerap 93,56% dari seluruh tenaga kerja Indonesia.
1.1 Sejarah & Citra Usaha Kecil
1.2 Kinerja & Prestasi Usaha Kecil
1.3 Tangguh Ditengah Badai Krisis
1.4 Dasar Hukum Usaha Kecil
Topik diatas akan kami urai pada tulisan berikutnya. Semoga bermanfaat.