Selamat Datang Pada Web Dr. Priyono, MM yang merupakan terobosan baru untuk kelanjaran dan keberlangsungan sebuah proses pembelajaran bagi Mahasiswa UNIPA Surabaya…!!!! Priyono is The Best Lecturers: Dollar Menguat, Harga Emas Turun

Jumat, 10 Februari 2012

Dollar Menguat, Harga Emas Turun

Ester Meryana | Erlangga Djumena | Selasa, 20 Desember 2011 | 07:31 WIB:
NEW YORK, KOMPAS.com - Harga emas berjangka jatuh seiring dengan penguatan dollar AS terhadap euro, sehingga menggerus permintaan emas sebagai alternatif investasi. Kontrak emas berjangka untuk pengantaran Februari turun 0,1 persen menjadi 1.596,70 per troy ounce (setara dengan 31,1 gram) pada pukul 1:59 PM di Comex, New York, Senin (19/12/2011) waktu setempat.
"Dollar AS telah bergerak positif hari ini, sehingga berimbas kepada emas," ujar Scott Gardner, Chief Investment Officer Verdmont Capital SA, di Panama, Senin waktu setempat.
Menguatnya dollar AS tidak lain karena kondisi zona euro masih buruk. Presiden Bank Sentral Eropa, Mario Draghi mengatakan, risiko yang substansial terhadap ekonomi Eropa masih ada. Euro pun melemah 0,5 persen. "Akan dibutuhnya banyak waktu bagi investor memperoleh kembali kepercayaan dirinya dalam emas sebagai pelindung dari krisis, mengingat besarnya guncangan belakangan ini," tambah Gardner.
Namun demikian, Andrey Kryuchenkov, analis VTB Capital di London, Senin waktu setempat, tetap optimistis emas akan tampil baik dalam jangka panjang. "Emas akan menderita dari gejolak baru-baru ini karena likuiditas dollar AS, tetapi dalam jangka panjang emas akan tetap solid," ujar Kryuchenkov.
Menurut dia, kebijakan moneter yang akomodatif di dunia akan terus mengamankan peran emas sebagai pelindung inflasi.