Oleh :
Dr. P R I Y O N O, MM
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA
2012
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata Kuliah : Metode Penelitian
Semester/SKS : 4 ( EMPAT ) SKS.
Fakultas/Progdi : Ekonomi / Manajemen
Dosen Pembina MK : Tim Teaching
Penanggung jawab MK : Dr. Priyono, MM.
Deskripsi : Mata Kuliah ini diberikan dengan maksud memberikan bekal kepada Mahasiswa dalam memahami dan mengerti serta berbuat menurut kerangka berpikir ilmiah untuk mencari kebenaran..
.Kepustakaan / Referensi :
I.
Bogdan Robert C &
Sari Knopp Biklen, 1982, Qualitatif research for education : An introduction to
theory and methods, Boston : Allyn and Bacon.
II. Bowe J Theresa, 1995, Understanding Qualitatif research : A review of
Judith Meloy’s.
III. Moleong J Lexi, 2007, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja
Rosdakarya Bandung.
IV. Prasetyo B & Jana LM., 2006, Metode Penelitian Kuantitatif, PT. Radja
Grafindo Persada, Jakarta.
V. Priyono, 2008, Materi Perkuliahan Metode Penelitian Kuantitatif, Fakultas
Ekonomi Unipa, Surabaya.
VI. Soenarto, 2001, Metodologi Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Pendidikan
(Pendekatan kuantitatif dan kualitatif), Unesa University Press, Surabaya.
VII.
Shank, Gary, 1994,
Semiotic and Qualitatif Research in Education The Third Crossroad.
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN (SAP)
.
Mata Kuliah : Metode Penelitian
Semester/SKS : Genapl / 4
SKS
Fakultas / Program Studi : Manajemen dan Akuntansi
Dosen Pembina MK : Tim Teaching
Penanggung jawab MK : Dr. Priyono, MM.
Pertemuan
|
Tujuan Umum Perkuliahan
|
Tujuan Khusus Perkuliahan
|
Pokok Bahasan
|
Sub Pokok Bahasan
|
Metode Pembelajaran
|
Alat dan Media
|
Evaluasi
|
Referensi
|
I
|
Mahasiswa
dapat memahami dan mengerti
serta berbuat menurut kerangka berpikir ilmiah untuk mencari kebenaran.
|
A.
Mahasiswa dapat memahami dan mengerti
Apakah Metodologi Penelitian itu.
B.
Mahasiswa dapat memahami & menjelaskan tentang
pendekatan ilmiah dan non ilmiah
C.
Mahasiswa dapat memahami dalam etika penelitian.
D.
Mahasiswa dapat memahami dilemma penelitian
|
Bab. I Pendahuluan
|
A.Pengertian Metodologi Penelitian.
B. Pendekatan Ilmiah dan non ilmiah.
C. Etika Penelitian.
D. Dilema Penelitian
|
Ceramah
Diskusi
|
Partisipasi
dalam diskusi
|
Buku Metode Penelitian Kuantitatif (Priyono, 2008,
Dharma Ilmu Press) dan Materi Perkuliahan Metode Penelitian Kualitatif
(Priyono, 2008, Fakultas Ekonomi Unipa, Surabaya).
|
|
E.
|
||||||||
II-III
|
Mahasiswa dapat memahami ruang lingkup Pendekatan Penelitian
Kuantitatif dan fondasi penelitian kualitatif.
|
Setelah mendapatkan materi Bab II mahasiswa dapat ;
A. Asumsi Dasar Pendekatan Kuantitatif.
B. Memahami & memberikan contoh dalam penekatan kuantitatif.
C. Memahami tentang konsep dasar penelitian kualitatif.
D. Memahami Fungsi dan pemanfaatan penelitian kualitatif.
E. Memahami & menjelaskankarakteristik Penelitian Kualitatif.
F. Memahami dan menjelaskan landasan teoritis dalam penelitian kualitatif.
G. Memahami & menjelaskan perbedaan penelitian kualitatif dan penelitian
kuantitatif.
H. Beberapa pertanyaan umum tentang penelitian Kualitatif
|
Bidang kajian bab II
Pendekatan peneitian kuantitatif & fondasi
penelitian Kualitatif
|
A. Asumsi dasar pendekatan kuantitatif.
B. Contoh penggunaan pendekatan dalam kehiupan sehari-hari.
C. Konsep dasar penelitian kualitatif.
D. Fungsi dan pemanfaatan penelitian kualitatif.
E. Karakteristik Penelitian Kualitatif.
F. Landasan teoritis Penelitian Kualitatif.
G. Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Penelitian Kuantitatif.
H. Beberapa pertanyaan umum tentang penelitian Kualitatif.
|
Ceramah
Diskusi
|
Partisipasi
dalam diskusi
|
Buku Metode Penelitian Kuantitatif (Priyono, 2008,
Dharma Ilmu Press) dan Materi Perkuliahan Metode Penelitian Kualitatif
(Priyono, 2008, Fakultas Ekonomi Unipa, Surabaya).
|
|
IV
|
Mahasiswa dapat memahami beberapa klasifikasi dalam
penelitian
|
Setelah mendapatkan materi Bab III.
A. Mahasiswa dapat memahami tentang klasifikasi penelitian berdasarkan
manfaat penelitian.
B. Mahasiswa dapat memahami tentang klasifikasi penelitian berdasarkan
tujuan penelitian.
C. Mahasiswa dapat memahami tentang Klasifikasi
penelitian berdasarkan dimensi waktu.
D. Mahasiswa dapat memahami tentang Klasifikasi
penelitian berdasarkan teknik pengumpulan data.
|
Bidang Kajian Bab III :Jenis-jenis Penelitian.
|
A. Klasifikasi penelitian berdasarkan manfaat penelitian.
B. Klasifikasi penelitian berdasarkan tujuan penelitian.
C. Klasifikasi penelitian berdasarkan dimensi waktu.
D. Klasifikasi penelitian berdasarkan teknik pengumpulan data.
:
|
Ceramah
Diskusi
|
Partisipasi
dalam diskusi
|
Buku Metode Penelitian Kuantitatif (Priyono, 2008,
Dharma Ilmu Press) dan Materi Perkuliahan Metode Penelitian Kualitatif
(Priyono, 2008, Fakultas Ekonomi Unipa, Surabaya).
|
|
V-VI
|
Mahasiswa
dapat memahami dan membuat rancangan penelitian
|
Setelah
mendapatkan
materi bab IV. mahsaiswa dapat :
A. Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan pemilihan topik.
B. Mahasiswa dapat memahami dan membuat latar belakang .
C. Mahasiswa dapat membuat dan menjelaskan perumusan masalah,
D. Mahasiswa dapat membuat dan menjelaskan Tujuan dan signifikansi
penelitian.
E. Mahasiswa dapat memahami tentang paradigma penelitian kualitatif .
F. Mahasiswa dapat memahami beberapa segi suatu teori.
G. Mahasiswa dapat memahami penyusunan teori
|
Bidang kajian bab. IV, Rancangan penelitian kuantitatif
dan paradigma penelitian kualitatif
|
A. Pemilihan topik.
B. Pembuatan latar belakang masalah Penelitian.
C. Perumusan masalah.
D. Tujuan dan signifikansi penelitian.
E. Paradigma penelitian kualitatif.
F. Beberapa segi suatu teori.
G. Penyusunan teori..
.
|
Ceramah
Diskusi
|