Selasa, 24 November 2009 04:5
Bisnis salon
dan kebugaran tubuh. Kedua-duanya, selain memerlukan ketrampilan khusus, juga
membutuhkan kreatifitas yang memadai untuk menjalankannya. Kedua bisnis ini
merupakan bisnis jasa yang banyak dibutuhkan orang.
Di negara-negara seperti Amerika, Jepang,
Korea dan beberapa negara maju lainnya, profesi dan pemilik bisnis salon dan
kebugaran tubuh merupakan orang kelas menangah atas, dan merupakan bisnis
dengan prestise tersendiri. Di Indonesia, jenis bisnis ini baru berkembang
secara masif lima tahun terakhir, dan pertumbuhan bisnis ini sangat
menggembirakan.
Menurut Budi Setiawan, pemilik bisnis Salon
Budi Setiawan yang kini salonnya telah go nasional ini, perkembangan bisnis
salon kecantikan di kota-kota besar, telah menjadi bagian dari entitas bisnis profesional
yang membanggakan.
“Kalau dulu pebisnis salon itu masih dianggap
sebagai bisnis sampingan yang belum masuk hitungan. Tetapi sekarang membuka
bisnis salon adalah sebuah bisnis profesional yang memberikan banyak
keuntungan,” cetusnya.
Pasarpun, menurutnya, juga semakin meluas.
Berdandan, nyalon, meski
hanya menjadi kebutuhan tersier, tetapi pasarnya sangat luas. Lihat saja,
hampir semua gerai salon yang berada di mall
atau pusat bisnis selalu ramai dikunjungi pelanggan.
Hal serupa juga diungkapkan Yulia Astuti,
pemilik bisnis Salon Moz5 (Baca : Salon Muslimah). Salon yang didirikannya
beberapa tahun lalu perkembangannya cukup pesat, terlebih setelah dikembangkan
secara kemitraan.
Bisnis Salon Moz5 berdiri karena banyak
pelanggan salon khusus wanita yang menginginkan perawatan rambut dan tubuhnya
dikerjakan oleh sesama wanita, sehingga lebih nyaman. Dalam mengembangkan
bisnisnya, Yulia, juga memiliki model bisnis yang memungkinkan investor
dapat menjalankan bisnis dengan mudah karena telah ada standart operating procedure
(SOP) yang dibuat sehingga bisnis dapat dijalankan dengan mudah.
Produk-produk kosmetik Indonesia telah tumbuh
menjadi industri besar di Indonesia, dan mampu menjadi tuan rumah di negeri
sendiri. Industri pendukung perawatan tubuh yang diproduksi industri rumah
tanggapun, semisal body
lotion, body cream srub, shower
cream, messege
oil, asensial oil, serta berbagai kebutuhan perawatan kecantikan lainnya
yang memanfaatkan bahan-bahan alami kekayaan asli Indonesia kini tumbuh
subur, dan menjadi industri kreatif yang peluang bisnisnya juga tak kalah
menariknya.
Seperti yang diungkapkan Laila Asri, pemilik
bisnis Pourvous, yang memproduksi natural
handmade body care dan aroma
therapy ini, bisnis di bidang produk-produk kecantikan memiliki
peluang yang menggiurkan. Salah satunya adalah dengan menjadi reseller.
Meningkatnya bisnis salon, kebugaran tubuh,
dan industri kosmetik serta produk-produk kecantikan lainnya yang diproduksi
UKM Indonesia memberikan angin segar yang menggembirakan, selain karena pasar
domestik yang luar biasa besar, kemungkinan pasar ekspor juga sangat terbuka
lebar.
Sepetinya, bisnis Salon dan Kebugaran Tubuh
kini kia moncer saja. Siapa tertarik?