Selamat Datang Pada Web Dr. Priyono, MM yang merupakan terobosan baru untuk kelanjaran dan keberlangsungan sebuah proses pembelajaran bagi Mahasiswa UNIPA Surabaya…!!!! Priyono is The Best Lecturers: Bisnis Boleh UKM, Manajemen Wajib Profesional

Senin, 20 Februari 2012

Bisnis Boleh UKM, Manajemen Wajib Profesional

09 May 2010
ELALU awali bekerja dengan doa. dan akjilri dengan doa. Selamat bekerja semoga SOp Ini I bisa membantu dan menjadi panduan dalam bekerja menjadi lebih baik lagi.
Tulisan pada kertas HVS berukuran sedang itu terpampang di papan pengumuman yang dipasang dekat pintu masuk kantor BungaHati.com di Jalan Isa. Kebonjeruk. Jakarta Barat.Meskipun Bunga Hall.com tergolong usaha kecil menengah (UKM) dengan delapan tenaga kerja dan omzet di bawah Rp 100 Juta per bulan, tapi sudah dikelola dengan profesional dan modem. Contoh, setiap karyawan telah memiliki rincian tugas masing-masing, termasuk proses pekerjaannya dari awal sampai akhir.
Semua itu tertuang dalam standar operasi prosedur (SOP), misalnya, untuk perangkat bunga. SOP kurir ((adwal pengiriman barang dan list tarif kurir). SOP sales dan customer service."Jadi, kurir enggak usah disuruh-suruh lagi karena dia sudah tahu tugasnya, kata Agung.Dengan adanya SOP. manajemen BungaHatl.Com dapat mengetahui, misalnya, dibutuhkan waktu satu Jam plus 35 menit untuk membuat sebuah bunga papan standar dua Jambu! (atas bawah). "Dari situ, kamitahu kemampuan kami. Kami hanya sanggup membuat 10 bunga papan sehari. Kami tidak mau menerima order melebihi kemampuan sebab nanti hasilnya bisa mengecewakan konsumen." ujar Agung yang berniat menunaikan ibadah haji tahun 2013.
Agung mengaku semua SOP dikerjakan sendiri tanpa bantuan konsultan, dengan tujuan agar dia bisa lepas dari tugas rutin dan fokus pada pengembangan usaha. "Saya mau fokus agar BungaHati.com dikenal warga Jakarta. Selain itu. saya masih memiliki koleksi 100domain untuk berbagai usaha online, seperti, Toko-BungaOnline. SewaMobll.com. TanahAbang.com yang akan dikembangkan di masa mendatang." katanya penuh semangat.
Kekuatan Agung adalah, selain masih muda, dia Juga tekun, sabar dan kreatif. Hal Itu tercermin dari perjalanan bisnisnya selama Ini."Saya resign kerja bulan Februari 2008. setelah siap secara mental dan hasil usahanya telah melebihi gaji saya per bulan. Tapi, yang penting bagaimana mengubah mindset menjadi entrepreneur." katanya mengenal "evolusi" dirinya dari karyawan menjadi wirausaha.
Seiring dengan perkembangan bisnisnya. Elyana, istri Agung. Juga memutuskan resign dan meninggalkan posisi empuk di sebuah perusahaan farmasi. Dia ingin membantu suaminya mengembangkan usaha di tengah persaingan pasar yang kian ketat dan perlunya terus menata SDM.Terus terang, saya sempat stres ketika awal-awal mengelola usaha ini karena di tempat saya bekerja semuanya sudah tertata rapih, sementara di sini semuanya harus dibangun dari nol. Butuh kesabaran ekstra dan terus membenahi sistem agar suasana kerja makin baik untuk semua pihak." ujar Elyana. (hes)
Jakarta Barat.Meskipun Bunga Hall.com tergolong usaha kecil menengah (UKM) dengan delapan tenaga kerja dan omzet di bawah Rp 100 Juta per bulan, tapi sudah dikelola dengan profesional dan modem. Agung mengaku semua SOP dikerjakan sendiri tanpa bantuan konsultan, dengan tujuan agar dia bisa lepas dari tugas rutin dan fokus pada pengembangan usaha. Dia ingin membantu suaminya mengembangkan usaha di tengah persaingan pasar yang kian ketat dan perlunya terus menata SDM.Terus terang, saya sempat stres ketika awal-awal mengelola usaha ini karena di tempat saya bekerja semuanya sudah tertata rapih, sementara di sini semuanya harus dibangun dari nol.