Selamat Datang Pada Web Dr. Priyono, MM yang merupakan terobosan baru untuk kelanjaran dan keberlangsungan sebuah proses pembelajaran bagi Mahasiswa UNIPA Surabaya…!!!! Priyono is The Best Lecturers: Hanya Satu Persen Air Dapat Dikonsumsi Manusia

Senin, 20 Februari 2012

Hanya Satu Persen Air Dapat Dikonsumsi Manusia

Jakarta (ANTARA) - Jumlah air tawar yang tersedia di seluruh dunia empat persen dari keseluruhan air di bumi dan hanya satu persen yang dapat dikonsumsi oleh hampir tujuh miliar manusia di dunia.
"Untuk menghemat air maka semua pihak harus menggunakan secara bijaksana sesuai dengan kebutuhan masing-masing, apakah untuk keperluan rumah tangga maupun industri serta perlunya kita semua aktif melestarikan alam untuk menjaga kelestarian air," kata Direktur Pemasaran Danone Aqua Tani Sulaeman, dalam siaran pers yang diterima, di Jakarta, Senin.
Menurutnya, tidak semua air minum sama karena berasal dari sumber air baku yang berbeda dan cara proses pemanfaatannya pun berbeda-beda pula.
Topik mengenai air selalu menjadi pembahasan yang menarik dan tak kenal batas waktu karena air sangat diperlukan oleh seluruh makhluk hidup, baik air bersih untuk keperluan mandi dan cuci maupun air yang layak dikonsumsi untuk minum dan masakan.
Sebagai perusahaan yang bertanggung jawab, katanya, perusahaan tak henti-hentinya mengkomunikasikan bagaimana seharusnya sumber air minum dipilih, bagaimana proses yang baik agar kandungan air tetap alami hingga ke tangan konsumen dan bagaimana cara menjaga ketersediaan air untuk generasi-generasi kita berikutnya.
"Masyarakat sudah banyak yang tahu untuk minum sedikitnya dua liter atau kira-kira sama dengan delapan gelas per hari," katanya.
Hal ini dilandasi perkiraan ilmiah bahwa jumlah air yang dikeluarkan oleh tubuh mencapai minimal dua liter pula dengan komposisi satu liter sehari dalam bentuk air seni, 50-60ml dalam bentuk kotoran manusia, sisanya dalam bentuk keringat dan saluran nafas.
Kebutuhan tersebut bervariasi tergantung suhu dan kelembapan udara sekitar serta kondisi tubuh manusia itu sendiri.
"Namun masih banyak masyarakat yang belum menyadari air seperti apa yang dibutuhkan oleh tubuh agar manfaatnya maksimal bagi tubuh karena walaupun secara kasat mata serupa, air sebenarnya tidaklah sama," katanya.
Karya tulis
Untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya air bagi kehidupan, perusahaan menyelenggarakan lomba karya tulis jurnalistik ini karena memiliki peran yang sangat signifikan dalam mengedukasi masyarakat untuk ketiga poin penting tersebut.
"Karena air adalah kunci kehidupan, tulisan untuk Lomba Karya Tulis Jurnalistik AQUA Award ini diharapkan dapat menggugah kesadaran seluruh masyarakat untuk menjaga ketersediaan air," kata Corporate Communication Director Aqua Troy Pantouw.
Jika seluruh masyarakat telah berperan aktif untuk menjaga ketersediaan air, sedikit banyak masyarakat telah berperan serta pula mendukung pencapaian salah satu Tujuan Pembangunan Milenium (MDG`s) terkait dengan mengurangi hingga setengahnya proporsi masyarakat Indonesia yang tidak memiliki akses terhadap air minum yang aman dan sanitasi dasar.
Bentuk karya tulis dapat berupa artikel berita, feature, hasil wawancara, dan lain sebagainya serta hanya pemberitaan yang telah dipublikasikan di media pada periode lomba (1 Desember 2009 - 31 Agustus 2010) yang dapat diikutsertakan.
Dewan juri akan terdiri dari ahli hidrogeologi/ hidrologi, eksekutif puncak Danone AQUA, ahli nutrisi dan teknologi pangan serta perwakilan dari media (LKBN ANTARA).
Semua hasil pemberitaan/publikasi yang diikutsertakan dalam lomba harus sudah diterima oleh panitia paling lambat pada tanggal 31 Agustus 2010.
Hingga kini lebih dari 300 tulisan telah terkumpul untuk disertakan dalam Lomba Karya Tulis Jurnalistik AQUA Award 2010 yang bertema ?Air Adalah Kebaikan Alam dan Manfaatnya Bagi Tubuh?.
Lomba ini terbuka bagi seluruh wartawan, kontributor dan koresponden resmi berbagai media cetak dan online di Indonesia dan masih terbuka hingga tanggal 31 Agustus 2010.