Nona Shyam Badan Shrestha adalah Direktur
Eksekutif Nepal Knotcraft Centre (NKC). NKC adalah pelopor pusat kerajinan
tangan yang didirikan 22 tahun yang lalu untuk meningkatkan pekerjaan dan
mengandalkan pada kemampuan diri sendiri bagi para wanita tuna sosial dan
ekonomi di daerah-daerah perkotaan Nepal. Pusat tersebut yang hanya dimulai
dengan beberapa orang wanita yang menghasilkan barang-barang macrame, kini
telah memperluas peluang pekerjaan untuk ratusan wanita baik didaerah perkotaan
maupun didaerah pedesaan Nepal, dan telah memperluas keanekaragaman produknya
termasuk boneka etnis dan barang untuk hadiah yang dibuat dari sekam jagung,
serbuk gergaji daur-ulang, dan kertas nasi. Produk merek terbaru NKC, yaitu
Fiber Weave Nepal, mempromosikan keanekaragaman kekayaan alam Nepal selagi
menawarkan peluang pekerjaan untuk para wanita didaerah pedesaan yang membuat
mereka independen secara ekonomi. NKC mengekspor produknya terutama ke Jepang
dan Amerika Serikat.BizMantra,
SME Toolkit di Nepal, menyelenggarakan sejumlah lokakarya promosi secara
berkala untuk membiasakan UKM Nepal dengan versi Toolkit orang Nepal ( www.bizmantra.org ) dan untuk membantu
meningkatkan proses bisnis mereka. Nona Shrestha telah mengambil bagian dalam
Lokakarya Promosi BizMantra yang diselenggarakan bersama Women Entrepreneurs
Association of Nepal (WEAN). Nona Shyam Badan
Shrestha, telah membagi pengalamannya dalam Seminar BizMantra yang belum lama
ini berlangsung Setelah lokakarya tersebut, Nona Shrestha
mengunjungi website BizMantra (www.bizmantra.org
). Ia membaca bagian akuntansi dan pemasaran dari Toolkit dan berhasrat kuat
untuk mengetahui apakah strategi penetapan harganya sudah tepat dan sistem
akuntansinya sudah efektif.
Nona Shrestha kemudian berkunjung ke BizMantra
untuk konsultasi. Ia mengakui bahwa walaupun ia adalah salah satu pengusaha
yang terkemuka di Nepal,
namun pengetahuan akuntansinya masih lemah. Tuan Sailesh Man Shrestha, seorang
konsultan BizMantra, mengkaji ulang harga produk-produknya dan menjumpai bahwa
penetapan harganya kurang optimal. Nona Shrestha dan timnya telah menghitung
segala biaya produk dengan memasukkan biaya bahan mentah dan upah. Kemudian
mereka menetapkan harga semua produk dengan kenaikan harga 40%. Namun demikian,
mereka tidak menghargai waktu yang dikeluarkan, biaya litbang, dan segala
pengeluaran rupa-rupa lainnya. Nona Shrestha menjelaskan bahwa NKC perlu
mengubah penetapan harganya untuk setiap lini produk khusus, dan bahwa dalam
kenyataannya perusahaan telah terlampau rendah menetapkan sebagian dari
produk-produknya.
Dengan bantuan BizMantra, Nona Shrestha
mempertimbangkan seluruh pengeluaran langsung dan tidak langsung (biaya bahan
mentah, upah, biaya litbang, dan segala pengeluaran rupa-rupa lainnya) dalam
menghitung biaya keseluruhan dari setiap produk. Dianjurkan bahwa ia menurunkan
harga semua produk yang kompetitif di pasar dan yang telah tersedia untuk waktu
yang lama, dan bahwa ia menaikkan harga semua produk unik dan eksklusif dengan
hampir 300%. Pada awalnya, ia ragu-ragu mengenai peningkatan harga, akan tetapi
ia mengadopsi kebijakan penetapan harga baru sebagaimana dianjurkan oleh
BizMantra. Hasilnya: pertumbuhan dalam pendapatan, keuntungan lebih tinggi dan
tidak adanya kerugian dalam voluma penjualan. BizMantra pada saat ini sedang
membantu NKC dengan manajemen organisasi secara menyeluruh. Sebagian dari
pencapaian mereka baru-baru ini mencakup: BizMantra membantu NKC meluncurkan
ruang pameran produk seratnya di Kupondole, Patan., BizMantra mempromosikan
produk NKC pada dua pameran:, Pekan raya yang diadakan oleh Federation of
Nepalese Cottage and Small Industries (FNCSI) dari tanggal 9 hingga 12 Desember
2005 di Bhrikuti Mandap. Pada pekan raya ini NKC menghasilkan penjualan dengan
jumlah Rs. 2770., Pekan raya di Patan yang diadakan dari tanggal 16 hingga 19
Desember 2005 . Jumlah pendapatan Rs. 5499 telah dihasilkan dalam pekan raya
ini., BizMantra merancang dan mengembangkan website untuk NKC ( www.nepalknotcraftcentre.com.np
), yang diperbarui secara teratur., BizMantra membimbing NKC mengenai cara yang
terbaik untuk mempromosikan diri sendiri pada Pameran Dagang Kerajinan Tangan
ke 7, yang diadakan dari tanggal 23 Februari 2006 hingga 27 Februari 2006. NKC
menghasilkan jumlah pendapatan Rs. 19.090.
Nona Shrestha menjelaskan, “BizMantra adalah
pendukung yang besar sekali bagi SME dalam memperlancar segala persoalan yang
berhubungan dengan pengelolaan.”