Selamat Datang Pada Web Dr. Priyono, MM yang merupakan terobosan baru untuk kelanjaran dan keberlangsungan sebuah proses pembelajaran bagi Mahasiswa UNIPA Surabaya…!!!! Priyono is The Best Lecturers: Proposal Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas

Senin, 20 Februari 2012

Proposal Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas



LATAR BELAKANG
Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008 Tentang Guru, penulisan karya tulis ilmiah kini menjadi persyaratan penting untuk guru dalam kenaikan golongannya dalam bidang pengembangan profesi. Ada beberapa macam karya tulis ilmiah, salah satunya yang cukup diminati adalah karya tulis ilmiah hasil penelitian. Dalam hal ini yang cukup diminati para guru adalah karya tulis ilmiah dengan menggunakan pengalaman guru sendiri yaitu dengan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK adalah penelitian yang dilakukan guru di kelasnya sendiri dengan cara merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan memperbaiki kinerja sebagai guru sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. [1] Dengan demikian PTK dapat memfasilitasi guru untuk mengembangkan pemahaman pedagogi dalam rangka memperbaiki pembelajarannya.
TUJUAN PELATIHAN PTK
  1. Peserta termotivasi untuk melakukan penelitian tindakan kelas;
  2. Peserta mengetahui landasan teori/pemikiran dan landasan hukum PTK;
  3. Peserta mengetahui tahap perencanaan PTK: mengidentifikasi dan menetapkan masalah, menganalisa dan merumuskan masalah, merencanakan tindakan perbaikan;
  4. Peserta mengetahui langkah-langkah pelaksanaan PTK: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi;
  5. Peserta mengetahui kriteria penulisan karya tulis ilmiah.
  6. Peserta mampu membuat sistematika penelitian tindakan kelas.
  7. Peserta mampu membuat bab pendahuluan yang memuat latar belakang, perumusan masalah, tujuan penelitian dan manfaat pelatihan.
  8. Peserta mampu membuat bab tinjauan pustaka yang memuat kerangka konseptual dan hipotesa tindakan.
  9. Peserta mampu membuat bab metode penelitian.
  10. Peserta mampu membuat bab hasil penelitian.
  11. Peserta mampu membuat bab kesimpulan dan hasil rekomendasi.
MANFAAT PTK
PTK berperan penting dalam meningkatkan kompetensi profesional, pedagogi, kepribadian, dan sosial sehingga guru akan menjadi pribadi yang lebih percaya diri dan mampu merancang perubahan-perubahan yang diperlukan untuk pembelajaran di sekolah. Peningkatan kompetensi profesionalitas guru akan mempermudah upaya peningkatan kesejahteraan guru melalui kenaikan angka kredit sebagai syarat untuk kenaikan golongan.
PAKET-PAKET MATERI
PAKET A: Mengenal PTK (4 jam)
Dalam sesi materi ini peserta akan termotivasi untuk menulis sekaligus mengenal apa dan bagaimana penelitian tindakan kelas beserta landasan pemikirann PTK.
Tujuan:
1.      Peserta termotivasi untuk melakukan PTK;
2.      Peserta mengetahui landasan teori/pemikiran dan landasan hukum PTK;
3.      Peserta mengetahui tahapan-tahapan pelaksanaan PTK: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi;
Peserta dapat berjumlah maksimal 300 peserta.
PAKET B: Memulai dengan PTK (8 jam)
Dalam pelatihan ini peserta akan mendapat pengenalan dasar PTK dan pengenalan tahap-tahap melaksanakan PTK dan mulai menulis bab pendahuluan.
Tujuan:
1.      Peserta termotivasi untuk melakukan penelitian tindakan kelas;
2.      Peserta mengetahui landasan teori/pemikiran dan landasan hukum PTK;
3.      Peserta mengetahui tahapan pelaksanaan PTK: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi;
4.      Peserta mengetahui tahap perencanaan PTK: mengidentifikasi dan menetapkan masalah, menganalisa dan merumuskan masalah, merencanakan tindakan perbaikan;
5.      Peserta mengetahui sistematika laporan penelitian tindakan kelas.
Peserta dapat berjumlah maksimal 100 peserta.
PAKET C: Ayo Menulis PTK (3 kali @ 8 jam)
Selain pengenalan dasar dan tahap pelaksanaan PTK, peserta akan mendapat pengenalan sistematika PTK dan mulai menulis bab pendahuluan.
Tujuan:
1.      Peserta termotivasi untuk melakukan penelitian tindakan kelas;
2.      Peserta mengetahui landasan teori/pemikiran dan landasan hukum PTK;
3.      Peserta mengetahui tahap perencanaan PTK: mengidentifikasi dan menetapkan masalah, menganalisa dan merumuskan masalah, merencanakan tindakan perbaikan;
4.      Peserta mengetahui langkah-langkah pelaksanaan PTK: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi;
5.      Peserta mengetahui kriteria penulisan karya tulis ilmiah.
6.      Peserta mampu membuat sistematika penelitian tindakan kelas.
7.      Peserta mampu membuat bab pendahuluan yang memuat latar belakang, perumusan masalah, tujuan penelitian dan manfaat pelatihan.
8.      Peserta mampu membuat bab tinjauan pustaka yang memuat kerangka konseptual dan hipotesa tindakan.
9.      Peserta mampu membuat bab metode penelitian.
Maksimal jumlah peserta adalah 50 orang.
PAKET D: Bisa Menulis PTK (5 kali @ 8 jam)
Selain pengenalan dasar dan tahap pelaksanaan PTK, peserta akan mendapat pengenalan sistematika PTK dan mulai menulis dari bab pertama (pendahuluan) hingga bab penutup (kesimpulan dan hasil rekomendasi).
Tujuan:
1.      Peserta termotivasi untuk melakukan penelitian tindakan kelas;
2.      Peserta mengetahui landasan teori/pemikiran dan landasan hukum PTK;
3.      Peserta mengetahui tahap perencanaan PTK: mengidentifikasi dan menetapkan masalah, menganalisa dan merumuskan masalah, merencanakan tindakan perbaikan;
4.      Peserta mengetahui langkah-langkah pelaksanaan PTK: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi;
5.      Peserta mengetahui kriteria penulisan karya tulis ilmiah.
6.      Peserta mampu membuat sistematika penelitian tindakan kelas.
7.      Peserta mampu membuat bab pendahuluan yang memuat latar belakang, perumusan masalah, tujuan penelitian dan manfaat pelatihan.
8.      Peserta mampu membuat bab tinjauan pustaka yang memuat kerangka konseptual dan hipotesa tindakan.
9.      Peserta mampu membuat bab metode penelitian.
10.   Peserta mampu membuat bab hasil penelitian.
11.  Peserta mampu membuat bab kesimpulan dan hasil rekomendasi.
Maksimal jumlah peserta adalah 50 orang.

[1] Wijaya Kusumah dan Dedi Dwitagama, Mengenal Penelitian Tindakan Kelas Edisi Kedua (Jakarta: PT. Indeks, 2010), hal. 9.
Posted by wijayalabs on  Monday, December 27, 2010, at 1:15 am .